gitarispemula

Gambar Kunci Gitar (Bentuk Dasar dan Advance)

with 36 comments

Kumpulan Kunci Gitar ini adalah sebagai patokan dan pegangan anda dalam belajar menghafalkan dan memainkan kunci gitar yang ingin anda pelajari dan kusai. Gambar kunci gitar ini meliputi kunci gitar dasar dan kunci gitar andvace, sehingga anda mendapat bahan belajarĀ  kunci gitar dengan baik dan benar – benar tepat sesuai sasaran anda. Pada dasarnya kunci gitar hanya di bagi menjadi 14 bentuk kunci dasar yaitu C-D-E-F-G-A-B dan Cm-Dm-Em-Fm-Gm-Am-Bm. Tapi, sesuai perkembangan zaman dan perkembangan dunia musik bentuk – bentuk kunci memiliki spesifikasi dan mendapatkan “pangkat angka” dan beberapa “pangkat istilah”. Contoh sekarang ada yang namanya A5 dan Adim atau Asus.

Sebenarnya kunci – kunci advance tersebut adalah kunci yang lebih menyatu dengan sebuah melodi yang di mainkan dalam musik tersebut sehingga harmonisasi nada akan semakin kental dan mempunyai hawa atau karakter suara yang lebih nyata. Tak sebatas sampai itu saja karena mungkin semakin kesana akan semakin banyak terciptanya kunci bentuk baru yang belum pernah tersentuh atau terfikirkan sekarang.

Mengingat begitu banyaknya bentuk kunci gitar yang harus kita pelajari setidaknya kita tahu dan paham serta mengusai beberapa kunci advance dan seluruh kunci dasar agar proses penghafalan kunci bentuk lainnya akan semakin ringan dan tidak memberatkan pikiran kita. Banyak orang yang menyerah belajar kunci gitar akibat terlalu dini ingin mengusai semua bentuk kunci yang telah tersedia, Menurut saya kita hanya perlu sedikit teori dan sedikit pemahaman kunci dasar saja kemudian sesuai proses dan tahap pembelajaran kesana kita akan menemukan sendiri cara yang paling mudah untuk mengetahui dan memahami bentuk kunci gitar yang rumit sekalipun.

Oke, biar anda tidak semakin bingun yang akirnya anda menyerah di tengah jalan mendingan anda langsung saja lihat beberapa gambar kunci – kunci gitar di bawah ini dan cobalah memainkannya dengan pelan, lalu mulailah berpindah bentuk dari kunci satu ke kunci yang lainnya. Berikut beberapa gambar kunci gitarnya.

bentuk dasar kunci gitar

gambar bentuk kunci gitar dasar beserta beberapa bentuk kunci gitar advance

Gambar di atas adalah beberapa bentuk gambar kunci gitar dasar dan beberapa bentuk advance (kembangan). Pelajari segitu dulu baru yang lainnya menyusul biar tidak berat dalam proses belajar oke. Sekian dari saya semoga bermanfaat buat anda yang sedang belajar memahami dan menguasai bentuk kunci gitar. Selamat sore dan semoga menjadi gitaris yang sukses di masa mendatang amin.

About these ads

Written by gitarispemula

Agustus 14, 2012 at 9:30 am

36 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Basicnya cuma itu doank ta??
    hehe

    Mahfud

    Agustus 31, 2012 at 2:41 am

    • ya bro…kalo yang basic ya cuman itu tapi kalo yang bentuk advance mah banyak banget !!!

      gitarispemula

      Agustus 31, 2012 at 4:58 am

  2. makasih bnyak bro.,
    sngat mmbntu.,
    suxes.,

    Hiruzen

    September 16, 2012 at 4:07 am

  3. gmn carapetik yang pas

    heni

    September 16, 2012 at 11:56 am

    • Cara petik pake pik apa pake jari??? kalo pake pik petiknya pake pinggiran (agak miring) piknya, dan kalo pake jari latih aja langsung pake 5 jari dengan jempol di bass, dan 4 jari lainnya untuk string ke bawahnya. semoga membantu :D

      gitarispemula

      September 23, 2012 at 6:17 am

  4. thanks you

    kicel

    September 26, 2012 at 11:28 am

  5. te ma di ho babi so di boto ho mambahen kunci pukimakmu

    windi

    September 27, 2012 at 10:27 am

  6. aha mangalo dope ho, babi
    memang soadong lapatanmu mangolu
    tanom ma dirim sadiri, carana
    korek tanoi dungi
    sollopon ulumi oke!!!

    fernando torres

    September 27, 2012 at 10:36 am

  7. nah masalah yg buat susah itu cara mindahin kunci satu ke kunci yang lain.-,- minta tipsnya dong

    Rizky

    Oktober 4, 2012 at 5:47 am

    • maksud mindahin kunci itu gimana? apakah latihan pindah2 kunci gitu maksudnya. Kalo itu tinggal di latih saja supaya terbiasa dan tinggal tunggu waktu saja anda pasti sudah lancar.

      gitarispemula

      Oktober 8, 2012 at 5:35 am

  8. kyk mna kalo misal nya cara nukar nukar kunci agak payah kyhk nya :(

    fhadli

    Oktober 6, 2012 at 1:48 pm

    • Gw bngung ama kunci B dan F, d gmbarnya knci B pke 5 jari, F pke 6 jri! Jari gw kn cma 5, jempol gw jga ga bkalan d pake! Gmana cranya? Minta tipsnya donk

      Azmi

      November 29, 2012 at 5:03 am

      • Sebenarnya itu juga pake 5 jari saja mas…untuk kunci seperti F & B jari telunjuk bisa menekan 2 sampai 3 senar sekaligus. Jadi gak usah pake jempol ya :D

        gitarispemula

        Desember 2, 2012 at 9:53 am

  9. makasih infonya kang.. sangat membantuku..

    Belajar Gitar

    Oktober 24, 2012 at 1:08 pm

  10. makasih informasinya..

    Belajar Gitar

    Oktober 25, 2012 at 6:49 am

  11. gmna cranxa biara cpet tau gtar

    ulumcp

    November 5, 2012 at 6:23 am

    • Untuk lebih tau tentang gitar, silahkan saja liat blog GUITAR-ID, disana saya sudah share banyak tentang tips gitar.

      gitarispemula

      Desember 2, 2012 at 9:58 am

  12. tolong trbitin gambar nada senar gitar dari senar 1-6 dan ,adany dari grip pertama dan seterusnya

    isnenharyanto

    November 6, 2012 at 8:43 am

  13. bujur pal…………

    sembiring

    November 16, 2012 at 2:26 am

  14. hoho… cara cepat menghafalkan kunci gmnaa???

    aulia

    November 18, 2012 at 11:37 am

    • Kalo mau cepat ya musti rajin berlatih mas, minimal 30 menit perhari aja sudah cukup. Selebihnya tergantung bakat dari pribadi masing2.

      gitarispemula

      Desember 2, 2012 at 9:59 am

  15. klo mw buat Cm kyk mna ?

    davidshine

    November 23, 2012 at 11:16 am

  16. yg advanceya mnh kho cman basicya doang.

    adi

    November 24, 2012 at 4:30 pm

    • yang advance menyusul mas…soalnya ada banyak banget dan keterangannya musti panjang lebar :D

      gitarispemula

      Desember 2, 2012 at 9:55 am

  17. Eh bro klau kunci mlodi gmna ya bro^_^???

  18. ya sperti itu broo :)

    sii ganteng ^_^

    Desember 4, 2012 at 9:45 am

  19. maksih…

    m

    Desember 8, 2012 at 10:34 pm

  20. maksih bro

    Febri Saputra Fc

    Desember 16, 2012 at 1:56 am

  21. cara nyetel gitar gmana ???

    eko

    Desember 21, 2012 at 4:53 pm

  22. kal0 kunci G#m gmana

    ryanz gitaris the evil

    Desember 24, 2012 at 4:25 pm

    • Kunci G#m (Gis Minor) itu ya sama seperti bentuk Em (minor) cuman dimainkan di kolom/fret ke 4 dari senar 6. Untuk lebig jelasnya silahkan hafalkan dulu nada di tiap fretnya. Thanks

      gitarispemula

      Desember 27, 2012 at 7:40 am

  23. Bro cara ngoco gitar yg bnr gmna, da brpa kli ayunan?

    Marlanaja

    Januari 4, 2013 at 12:56 pm

    • tergantung tempo lagu, ketukan drumm dan lain2. Intinya ngalir aja ama musik lainnya gitu.

      gitarispemula

      Januari 6, 2013 at 9:22 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: